Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Sunday, October 2, 2011

Bermain ... bekerja .... belajar

Ungkapan "belajar sambil bermain" yang menarik adalah kata berman yang membuat kita merasa nyaman dan tidak ada beban. Mengapa orang dewasa semakin kurang suka bermain ? Bisa jadi kita sudah tidak memberi ruang dan waktu untuk bermain karena kesibukan kerja, terutama di kota besar. Bermain dan bekerja seolah-olah menjadi dua hal yang berbeda, apa bedanya dengan "belajar dan bermain". Fakta menunjukkan bahwa kalau sedang bekerja tidak boleh bermain, maka seringkali saat libur tiba banyak orang berlibur/bermain untuk sementara melupakan bekerja. Dan bila waktu bekerja tiba kembali, maka tak ada lagi waktu bermain. Adakah yang salah ? Tidak ada yang salah, tapi alangkah indahnya bila kita mempunyai sikap "Bekerja sambil bermain"
Bekerja sambil bermain diartikan bekerja dengan perasaan senang (perasaan yang muncul saat bermain) dan memanfaatkan apa yang kita kerjakan sebagai objek permainan sehingga kita terhindar dari rasa terbebani. Saat menemui kesulitan, maka muncul segala upaya untuk menyelesaikannya dengan senang dan dengan sabar terus mencari solusi. Akibatnya kita bisa banyak belajar dari hal yang sudah kita lakukan dan merasa ingin mengerjakan lebih baik lagi (demikian juga kalau kita bermain, menjadi menantang untul naik level).
Jadi bermain - bekerja - belajar menjadi satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Berani melakukannya ? Pasti menyenangkan dan manfaat.

No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)