Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Monday, June 24, 2013

Doa in 5 Action ... Jarang dikabulkan doanya

Seorang teman menjadi seperti frustasi dengan ibadahnya dan doanya selama ini. Mengapa ? Jawabannya singkat "saya sudah banyak berdoa dan saya pun shalat, tapi hidup saya tidak lebih baik dan doa saya tidak dikabulkan Allah swt". Dan ada beberapa orang yang sama pengalaman seperti itu, menjadi semakin jauh dari Allah, dengan alasan doanya tak pernah dikabulkan Dan yang lebih parah lagi mereka bilang "orang yang tak berdoa dan tak shalat pun hidupnya bisa lebih baik dari saya". Kalau kita bertemu dengan mereka, apa sih yang mesti kita perbuat ? Apakah kita mesti memberi nasehat dan petuah ? Sepertinya mereka tidak butuh itu ... lalu membiarkannya. Kita saling cuek dan tidak mau peduli sesama, urusan mereka adalah urusan mereka sendiri dan urusan kita adalah urusan kita. Dan akhirnya .... mereka pun beribadah seperti apa adanya, yang penting ibadah saja dan memenuhi kewajiban, hidup ya hidup dan ibadah ya ibadah.
Apa urusannya kita ikut dalam urusan mereka ? Memang tidak ada, dosa ya dosa mereka. Tapi ingat kita masih ada tugas sebagai seorang yang memberi peringatan, menasehati dalam kesabaran dan dalam kebaikan.  Jadi mari kita temukan solusinya ...
1. Jadilah teman bagi mereka, mendengar curhatnya mereka sambil menggali mengapa mereka seperti itu ?  Bahwa mereka tidak sendiri dan banyak orang seperti mereka, dan langkah kita minimal mengamini ... dan berempati. Nasehat bisa jadi tidak dibutuhkan lagi karena sudah banyak nasehat yang mereka terima ... dan mereka merasa nasehat itu tidak menyelesaikan masalah.
2. Memberi bantuan yang meringankan mereka sudah menjadi sesuatu yang sangat berharga. Bantuan yang mengarah kepada penyelesaian masalah mereka. Misalkan memberi pekerjaan atau order atau barang untuk meringankan persoalan mereka.
3. Mengajak mereka ke Masjid atau majlis orang shaleh daripada memberi nasehat yang sama, apalagi kita menasehati "taubat dan banyak dzikir/shalat".
4. Memberi wawasan dengan melihat orang yang kondisinya di bawah mereka, tapi masih mempunyai bersemangat dalam beribadah, diantaranya masih terus berdoa.
5. Salah satu yang mudah dan pasti bisa mereka lakukan adalah DOA, memohon izin Allah swt agar dimampukan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. "Berdoa saja kok repot, kalau berdoa belum tentu dikabulkan maka mengapa kita tidak berdoa terus ?".
Doa dalam banyak referensi telah menyakinkan kita bahwa doa itu memberi kebaikan. Semua berbau nasehat kebaikan .... dan yang mereka perlukan adalah BERDOA SAJA, berdoa setelah shalat 5 waktu. Artinya BERDOA sebanyak 5 kali dalam sehari. Berdoalah dengan niat yang BAIK dan optimis Allah swt mampu memberikan solusi dalam setiap langkah kehidupan kita.
Berdoa satu, dua, tiga dan seterusnya  ..... Maka Allah swt MAHA MENDENGAR DAN MELIHAT apa yang kita perbuat.
Alhamdulillahi rabbil alamin, Insya Allah swt pemahaman ini mampu menggerakkan saya sendiri untuk terus memperbaiki moral dan perilaku menuju iman yang sempurna.








No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)