Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Tuesday, July 24, 2012

Semakin tergantung ... menderita

Ada seorang teman yang sudah biasa makan nasi, bilang "kita makan di warung yang ada nasinya kan  ?". Emangnya kenapa ?, Jawab saya. Lalu dia menjelaskan bahwa kalau belum makan nasi belum makan namanya atau tidak enak. Begitulah yang saya maksud dengan ketergantungan, semakin banyak ketergantungan kita kepada sesuatu membuat kita menjadi tidak pede dan tidak nyaman. Kondisi ini menyebabkan kita menjadi kurang bahagia.
Coba perhatikan, kita tergantung kepada pimpinan kita dalam bekerja yang selalu meminta persetujuan,  kalau tidak naik mobil malas ah kerjanya, kalau belum makan siang jam 12 jadi lemes, dan sebagainya. Semakin minimal ketergantungan kita kepada sesuatu membuat kita menjadi "merasa merdeka" alias bahagia dalam kehidupan ini. Bisakah kita tidak tergantung ? Bisa, yaitu tidak tergantung penuh dengan sesuatu sehingga kalau tidak ada kita masih bisa menjalaninya. Kondisi ini adalah memanfaatkan apa yang kita miliki saat tertentu untuk menjadi sebuah aktivitas yang bernilai tambah, itulah yang dinamakan bersyukur.
Semakin tinggi rasa syukur kita berarti semakin rendah ketergantungan kita kepada sesuatu. Ketidaktergantungan kita kepada materi membuat kita menjadi tergantung kepada sesuatu Zat yang mana semua materi tergantung ...itulah ketergantungan kita kepada Allah.

No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)