Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Thursday, June 23, 2011

Ada Asa Dalam Masalah

Kata "Masalah" menjadi banyak orang resah dan ingin menghindar. Kalau bisa tidak ada Masalah .... terus kalau ngga ada masalah, apakah kita masih hidup ? Bila direnungkan, .... tidak ada masalah berarti kita sudah mati. Dalam bahasa sehari-hari, "tidak ada masalah" berarti kita mau menerima masalah itu dan mampu mengatasinya. So setiap detik dan sepanjang hidup kita selalu ada masalah, baik masalah kecil, masalah sedang dan masalah besar. Besar atau kecil bergantung perasaan kita dalam menyikapi masalah. Masalah besar menjadi kecil bila kita sedang merasa lagi senang dan bisa sebaliknya.
Bagaimana kita bersikap dengan masalah ? Mulailah mau menerima dan selalu menghadapi masalah yang akhirnya melatih untuk menyenanginya. Coba kita perhatikan kata "MASALAH" terdapat kata "ASA" yang berarti HARAPAN atau terdapat juga kata "MASA", "ASAL" dan "SALAH". Yang menarik adalah didalam MASALAH selalu ada ASA/HARAPAN, dan memang betul setiap selesai kita melewati MASALAH maka ada ASA baru yang memberi kepuasan dengan dunia baru. Kapan ? semua itu memerlukan MASA/waktu. Bagaimana kalau kita menganggap masalah itu dengan tidak melihat ASA ? Yang terjadi adalah kita ASAL melakukan tindakan yang tidak mengarah kepada ASA. Kalau sudah ASAL maka kita mendapati hasil yang SALAH. Jadi kalau didalam masalah ada asa/harapan .... sudah cukup buat kita mendapat motivasi untuk selalu mau menerima untuk memperoleh asa di masa depan. Dalam Al Qur'an disebutkan ... setelah kesulitan ada kemudahan ... artinya setelah merasa sulit dalam menghadapi masalah akan muncul jalan keluar yang memberikan kemudahan dalam hidup. Kebetulankah semua ini ? Wallahu Alam.
Coba kita pikirkan kata "RESIKO" .. ada RESI yang berarti bon ... uang. Mengapa orang yang mampu menghadapi RESIKO besar akan mendapatkan UANG yang banyak.
"KEBUTUHAN" ... kebutuhan utama yang kita butuhkan adalah TUHAN yang merupakan bagian dari kata KEBUTUHAN. Kebutuhan inilah yang menjadikan kita menjadi manusia yang UTUH yang juga merupakan bagian dari kata KEBUTUHAN.
 Semoga kita mampu mengambil makna dari semua hal di atas. 

         

No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)