Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Tuesday, September 27, 2011

Masalah kita menjadi masalah orang lain

Meminjam uang kepada teman adalah masalah kita. Tapi bila  meminjam terus-menerus menjadi masalah teman kita, teman kita menjadi risih, sungkan, marah, menolak dan bahkan bisa memutuskan hubungan pertemanan. Untuk itu sadarilah bila kita sebagai yang meminjam untuk menyelesaikan masalah sampai keakarnya. Tidak punya uang atau kekurangan uang BUKAN hal biasa atau memang lagi tidak ada uang, Sekali masih OK .... bagaimana dengan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya ? Ini tanda bahwa permasalahannya tidak pernah diselesaikan atau diselesaikan dengan cara yang salah atau lainnya. Tanpa melakukan pemecahan masalah hal tersebut akan terus terjadi yang akhirnya membuat kita cuek dan terdemotivasi bahkan "pasrah" seperti tak berdaya menjalani hidup ini (terbersit dalam hati "Tuhan tidak adil dengan kita dengan memberi masalah yang tak kunjung selesai sedangkan orang lain tidak ?")
Bagi kita yang meminjamkan uang, harus mampu mendidik orang yang suka meminjam uang dengan cara yang santun. Bila tidak mampu kita hadapi, maka masalah itu terus menggerogoti kita sepanjang hidup. Memberi terus-menerus (meminjamkan uang) membuat kita semakin tidak nyaman dan sebaliknya bila tidak memberi kita dicap "orang yang pelit". Menasehati saja dengan cara yang santun pun masih memungkinkan kita dicap "banyak omong, kalau mau kasih ... kasih aja, nggak pakai ceramah segala".
Menyikapi hal tersebut, teruslah memberdayakan diri kita sendiri untuk menjadi semakin baik setiap hari dan beranilah menghadapi semua permasalahan yang ada untuk diselesaikan sendiri atau meminta bantuan orang lain dan tidak lupa untuk memohon kepada Allah Swt.

No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)