Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Monday, April 22, 2013

Nilai itu bagi Orang siap dan tepat

Sesuatu menjadi bernilai bukan sekedar sesuatu itu memang ada nilai atau ukurannya, tapi dikatakan bernilai untuk orang yang tepat. sebuah nilai pasti memberikan kebaikan atau manfaat bagi yang memilikinya.
Contoh, sebuah HP pasti mempunyai nilai bagi karena ada harganya. dan karena ada nilainya (ada harganya) semua orang menginginkannya. Yuuk kita perhatikan apakah semua orang mendapatkan kebaikan dari hp itu
1. Anak kecil yang memegang atau memilikinya, maka hp tersebut tidak memberi manfaat karena anak ini hanya menggunakannya untuk telpon temennya atau sms atau bermain game yang membuat anak menjadi ketagihan dan banyak menghabiskan waktu belajarnya. Yang paling kecil manfaatnya adalah digunakan untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Bernilaikah hp tersebut bagi anak kecil ? Tidak bernilai.
2. Pencuri yang mengambil hp itu, hp itu pasti punya nilai karena bisa dijual atau digunakan sendiri. But nilai itu menjadi hangus karena kepemilikan hp itu dibatasi oleh norma agama yang melarang orang untuk mengambil hp orang lain (mencuri/merampok).
3. Hp itu dimiliki oleh seorang karwayan, yang hanya menggunakan hp tersebut untuk komunikasi facebook, whats up dan sejenisnya untuk ngerumpi/ngobrol sesama temennya. bernilaikah hp itu ? Ada nilainya denganj bahasa yang sedikit lebay ... Hp untuk bersilaturahmi. Manfaatkah ? Disinilah hp menjadi tidak bernilai karena digunakan untuk hal yang kurang positif dan bahkan cenderung menghabiskan waktu sehingga pekerjaan menjadi terabaikan.
4. Hp menjadi bernilai bila digunakan pada saat yang tepat untuk bersilaturahmi dengan sesama atau digunakan untuk sosial media yang memberi dorongan positf atau digunakan untuk berbisnis/mengambangkan bakat seseorang.
Dan yang pasti hp menjadi sangat bernilai bila kita mampu memahami fungsi dari hp itu sendiri. Maka dari itu perlu kita belajar untuk mengoptimalkan hp sebagai sesuatu yang bernilai yang memberi kebaikan dan manfaat.
Bagaimana dengan jabatan, uang dan sebagainya .... Coba perhatikan apakah sesuatu uyang kita miliki sudah mampu memberikan kebaikan dan manfaat ? Jika belum pasti semua itu memberatkan kehidupan kita atau dengan kata lain semua itu hanya memberi kesenangan saja. Untuk itu kita mesti mampu menyiapkan diri untuk mampu menyiapkan diri kita dengan sikap dan tindakan serta pengetahuan agar sesuatu yang bernilai itu betul-betul punya nilai yang memberi kebaikan dan manfaat bahkan sesuatu yang tidak bernilai atau tidak ada harganya bagi orang lain BISa menjadi bernilai bagi kita.
Alhamdulillahi rabbil alamin, semoga Engkau rahmati kami dengan ilmu dan pemahaman yang baik sehingga kami mampu melaksanakannya. Amin

No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)