Kesempurnaan ilmu dengan BERAMAL SHALEH (ACTION) tanpa henti yang menjadikan dunia lebih baik.

Hubungi 081310737352 untuk pelatihan spiritual gratis inhouse atau organisasi/arisan/keluarga,

Wednesday, April 3, 2013

IMAN DAN BERAMAL SHALEH.

Kata Amal masih sering diikui dengan perbuatan, jadilah bentukan kata baru yaitu AMAL PERBUATAN, padahal menurut artinya bahwa AMAL itu = PERBUATAN = ACTION. Tapi okelah semua terjadi karena terbiasa mengucapkannya dan sudah dipahami semua orang. Dalam hal yang lebih spesifik lagi, AMAL serign dipergunkan untuk perbuatan yang baik yang cenderung kepada perbuatan agama seperti "sudah amal belum ?" yang lebih diartikan sudah sedekah belum atau berbuat baik. Dalam kontek ini kita menyebutnya lebih pas AMAL SHALEH. Dalam bahasa Arab yang disebut AMAL SHALEH yang berarti PERBUATAN BAIK. Apa bedanya AMAL SHALEH dengan SHALAT ? respon pertama yang muncul adalah AMAL SHALEH dan SHALAT itu dua hal yang berbeda, Shalat ya shalat dan Amal shaleh ya lainlah. Pertanyaan yang menggelitik saya, apakah shalat itu perbuatan baik ? Jawab iya, Jadi Shalat itu adalah AMAL SHALEH atau shalat itu salah satu bagian dari AMAL SHALEH.
Nahhh, Saya mulai menerapkan AMAL (bahasa Arab) = ACTION (bahasa Inggris), secara tersurat sama, tapi secara tersirat ada makna spiritualnya, apalagi AMAL SHALEH yang kita maknai sebagai perbuatan baik, BAIK nya itu adalah baik menurut Allah swt. Maka dalam banyak tulisan saya sering menggunakan bahasa motivasi secara umum dengan ACTION itu dengan bahasa spiritual yaitu AMAL SHALEH, yang maknanya lebih berbobot. Jadi cakupan AMAL SHALEH itu sangat luas, dan bahkan selalu disebutkan di dalam Al Qur'an kata BERIMAN dilanjutkan dengan AMAL SHALEH, jumlah kalimat seperti ini sangat banyak. Apa artinay buat kita ? Insya Allah, makna yang kita dapatkan bahwa IMAN itu adalah sikap yang didorong oleh sebuah keyakinan (percaya) yang bisa jadi datangnya dari Allah atau dari pengalaman hidup kita, sedangkan AMAL SHALEH itu adalah implementasinya dalam perbuatan yang BAIK BUKAN perbuatan yang BURUK. Apa perbuatan yang BAIK itu ? PErbuatan yang BAIk itu adalah ibadah khusus dan ibadah umum yang mesti mengacu kepada petunjuk Allah, Al Qur'an. 
BERIMAN hanya dengan mengatakan PERCAYA, misalkan percaya adanya Allah dan sebagainya TIDAK cukup, yang ungkapkan dalam LISAN. Kesempurnaan IMAN itu adalah AMAL SHALEH, dan AMAL SHALEH itulah yang memberi NILAI kepada kita dan yang dinilai oleh Allah swt.
Dalam keseharian kita pun sering mengalami, kita percaya kepada produk itu BAGUS dan BAIK tapi belum tentu kita membeli dan memilikinya. Dan kita pun menjadi duta untuk produk itu dengan mengatakan kepada banyak orang bahwa produk itu BAGUS dan pantas untuk dimiliki. Baikkah buat kita ? Tidak BAIK, karena kita tidak mengambil manfaat dari produk itu. So  ??? PERCAYA selalu membutuhkan AMAL SHALEH yang terungkap dalam bentuk KEINGINAN. Bagaimana kalau KEINGINAN tidak terlaksana ? boleh kita sebut dengan MIMPI ..... kalau terus MIMPI dan tidak dilaksanakan/diperbuat membuat kita semakin "sakit".
dari alur di atas, kita berkesimpulan bahwa PERCAYA (BEIRMAN) itu HARUS BERAMAL SHALEH, demikian juga KEINGINAN (YANG BAIK) ITU harus dilakukan/diperbuat.




No comments :

Post a Comment

The Real Action ( The first step .... will be open your mind)